27 Feb 2017

Bagaimana Menciptakan Great Yang Merubah Diri Anda

(Disarikan dari buku The Power Of Habbit Karya Charles Duhigg)

Ada pepatah yang mengatakan Change Your Habbit Change Your Life, jika kita ingin merubah kehidupan kita maka yang pertama kita harus merubah kebiasaan kita. Ada teman saya yang mengatakan bahwa dia sudah berusaha melakukan merubah kebiasaannya. Dia sering kali mencoba melakukan kebiasaan baru tapi sering tidak bertahan lama. Mungkin dari Saya dan Bapak ibu semua pernah mengalami hal yang sama betul? 

Pada Sharing kali ini saya akan berbagai bagaimana membuat habit yang Powerfull cetar membahana dan jos gandos sehingga mampu merubah kehidupan saya dan bapak ibu semua. Beberapa Point penting yang perlu kita cermati dalam buku tersebut yaitu 


1. Fokus Pada Key Stone

Kata kunci pertama yang harus Anda dan saya pahami adalah kita harus fokus pada satu habis yang menjadi kunci dalam hidup Anda. Seperti kebiasaan baca buku 10 menit setiap hari, olah raga 30 menit dipagi hari, baca Qur'an setelah maghrib, atau habit positif yang lain. Pada masa Awal membangun habit baru, cukup fokuskan pada satu habit saja dan lakukan secara terus menerus. 

Kenapa harus satu dulu? Karena habit baru jika sudah konsisten dan terbentuk akan memiliki efek Spil Over, dimana habit tersebut dapat menulari dan menumbuhkan kebiasaan Anda yang lain. Contohnya jika Anda Rutin berolah raga 30 menit setiap hari, maka anda akan cenderung untuk memiliki pola makan yang lebih bagus, habit mengatus keuangan Anda juga akan tumbuh dan lain sebagainya. 

2. Dimulai dari Tiny Habit

Pertanyaan yang sering muncul, kenapa orang sering tidak konsisten dalam membangun habit baru? Kalau kata orang jawa “anget – anget tai ayam” dimana semangat diawal dan loyo di akhir setelah itu terrkubur dalam kesunyian. Dalam buku tersebut dipaparkan bahwa manusia memiliki will power yang mendorong orang untuk berbuat sesuatu. Saat seseorang langsung menggeber energi tersebut dengan cara langsung melakukan habit baru yang challenging maka energi will powernya akan cepat habis yang membuat orang tersebut menjadi kepayahan dan bosen. Sehingga dia menyerah untuk melakukan habit baru. 

Charles Duhigg menyarankan kita Anda dan Saya untukmemulai dari yang kecil. Bahasa kasarnya Anda menjadi kelihatan sangat bodoh jika tidak bisa melakukannya. Jika Anda ingin membuat habit baru olah raga rutin 30 menit setiap pagi maka mulailah dari olah raga setiap 5 rutin selama 5 menit. Jika masih berat diturunkan menjadi 3 menit. Kegiatan tersebut anda secara kontinue. 

Luar biasanya, kebiasaan kecil tersebut memiliki efek bola salju dimana jika anda sudah memiliki habit olah raga 5 menit akan meningkat menjadi 10 menit, 15 menit dan seterusnya sampai 30 menit seperti yang Anda inginkan. 

3. Buat Anchor “If Then”

Untuk memudahkan Anda melakukan habit baru, Anda harus memiliki Anchor dan trigger yang mendorong anda secara otomatis untuk melakukan habit baru Anda. Contoh Anda buat habis setelah magrib akan baca Al Qur'an, atau setiap jam 9 malam Anda baca buku. Lha Setiap habis magrib, waktu jam 9, atau habis subuh itu “if Then” yang harus Anda buat sehingga anda akan secara otomatis melakukan hal tersebut di jam tersebut.

Semoga bermanfaat bagi Saya dan Anda semua, dan jangan lupa di share kepada yang lain jika bermanfaat.


Sumber: Tizar www.tizarrich.com www.yakusa.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar