23 Jan 2017

Karyawan Anda bermasalah? Simak cara mengatasinya

Di dalam sebuah Perusahaan sudah jelas aturan, SOP dan Jobdes untuk masing – masing karyawan, tetapi tidak dapat kita pungkiri ada saja karyawan yang bermasalah.

Hal ini bisa sangat mengganggu kinerja karyawan tersebut dan juga mengganggu kinerja team dan jika dibiarkan akan menghambat perusahaan. Hal semacam ini memang bukan hal yang aneh tetapi merupakan fenomena alamiah di mana – mana.

Tips Mengatasi karyawan bermasalah



1. Kenali Karyawan yang bermasalah


Kenali karyawan kita yang bermasalah, mulai dari temperamen mereka, kebiasaan mereka dsbnya. Sebagai seorang individu, masunia pasti memiliki temperamen atau sifat alami yang sudah terbentuk sejak mereka lahir hingga bekerja.

Jadi penting seorang pengelola Sumber Daya Manusia mengerti dan memahami soal karakter dan temperamen, sehingga mampu melakukan pendekatan terhadap karyawan yang bermasalah.

2. Kategorikan Permasalahannya.


Agar kita bisa mencarikan solusi bagi karyawan yang bermasalah, penting kita melakukan klasifikasi dan pengkategorian masalah karyawan yang ada, apakah masalah sering bolos, sering terlambat, membuat onar, target tidak tercapai atau lainnya.

Dengan mengetahui masalahnya, kita bisa mengambil langkah untuk memperbaikinya.

3. Menggali lebih dalam


Jika kita sudah tahu masalahnya, sebagai pengelola sumber daya manusia kita bisa menggali lebih dalam lagi untuk mencari akar masalah tersebut.

Bisa dengan cara mengamati, mencari tahu dari temen terdekat karyawan yang bermasalah, memanggil karyawan bermasalah baik secara formal maupun tidak formal.

Dengan cara ini kita semakin tahu apa sebenarnya akar masalah pada diri karyawan yang bermasalah tersebut.

4. Tunjukkan sikap perduli


Jika kita ingin mengatasi karyawan bermasalah salah satu cara yang jitu adalah menaruh sikap perduli terhadap mereka.

Seorang pengelola SDM penting menunjukkan sikap perduli dan dekat dengan karyawannya sehingga jika ada karyawan bermasalah, mereka berani sharing atau menceritakannya.

Dengan sikap yang perduli karyawan akan lebih terbuka sehingga kita bisa memberikan solusi dan jalan keluar buat masalah yang dihadapi.

5. Bantu untuk menemukan solusi


Alih – alih memberikan solusi untuk karyawan yang bermasalah, metode yang paling tepat adalah menolong karyawan tersebut untuk mencari dan menemukan sendiri solusi bagi masalah mereka.

Jika karyawan di bantu untuk dia bisa menemukan jalan keluar agi masalahnya, maka ia akan manjadi tangguh dan dewasa, sehingga jika kembali ada masalah dikemudian hari dia bisa mencari sendiri jalan keluar bagi masalah dirinya.

6. Pelatihan atau training


Jika masalah yang dihadapi karyawan berkaitan dengan skill dan kemampuan, kita bisa meminta dia untuk mengikuti training atau pelatihan yang akan membantu dia mengatasi masalah skill dan kemampuannya.

Jika masalah yang timbul karena soft skill, kita bisa melakukan coaching atau konseling. Diharapkan melalui pelatihan, konseling atau coaching dapat menolong karyawan mengatasi masalah – masalah di dalam dirinya yang membuat dia menjadi karyawan bermasalah.

7. Mutasi


Jika dari hasil evaluasi, pelatihan dan usaha menemukan solusi bagi karyawan bermasalah tetapi memang belum menghasilka sesuatu perubahan yang berarti, lebih baik pihak pengelola sumber daya manusia kembali mengecek karyawan tersebut apakah dia memang cocok untuk pekerjaan yang saat ini dijalaninya, bisa saja terjadi kita menematkan orang yang salah pada posisi yang salah bahasa kerennya ” the right men in the wrong place”.

Mungkin mutasi membuat karyawan tersebut bisa bebas dari masalahnya dan tidak lagi menjadi karyawan bermasalah.

8. Potong


Ada ibarat mengatakan jika memang di dalam pohon ditumbuhi benalu, jika ingin pohon tidak jadi layu dan mati, lebih baik potong dan buang benalunya.

Begitu juga jika karyawan bermasalah dan sudah diupayakan untuk pendekatan, konseling, coaching, training dan peringatan – peringatan masih tetap melakukan masalah, sebaiknya diambil tindakan tegas sebelum menular kepada karyawan lainnya.

Inilah 8 solusi mengatasi karyawan bermasalah

Memang tidak gampang untuk kita kususya pengelola SDM atau lebih dikenal bagian HRD mengenal karyawan satu per satu apalagi untuk perusahaan yang sudah mapan dan besar, tetapi jika kita memang ingin mengatasi karyawan bermasalah dan mencegah timbulnya karyawan – karyawan bermasalah, sebaiknya pihak HRD menjalin hubungan yang baik dengan karyawan yang ada.

Karena karyawan adalah salah satu aset utama penentu kesuksesan sebuah Perusahaan.


Sumber : http://www.angelsolutioncentre.com/karyawan-anda-bermasalah-simak-cara-mengatasinya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar