24 Feb 2016

10 Langkah Mengajak Orang Agar Mau Memberikan yang Terbaik

1.    Tuntunlah usaha anda dengan visi yang penuh tekad, bersemangat dan matang untuk unit anda.

Visi berarti kemampuan untuk melijat seperti apa unit anda di hari esk seta rencana untuk mencapainya. Lepaskanlah diri anda dari tekanan pekerjaan sehari-hari. Pandanglah masa depan – satu, lima, bahkan sepuluh tahun kedepan. Dimana anda berada sekarang? Kemana anda akan pergi? Bagaimana anda dapat samapai kesana?


2.   Tularkanlah visi anda serta alasan dibaliknya – impian, motivasi dan pemikiran anda- kepada para karyawan


3.    Sampaikan harapan anda kepada sietiap karyawan dalam rangka mencapai visi tersebut.


Apa yang harus disumbangkan oleh setiap karyawan bawahan anda dalam rangka upaya mewujudkan visi ini ? buatlah daftar yang spesifik untuk setiap orang.

4.    Rekrutlah orang yang mampu memenuhi harapan anda

Bila anda membutuhkan elang padahal anda dikelilingi oleh ayam kampung, tidak ada upaya pelatihan , janji imbalan, bujukan atau intimidasiyang dapat memberikan anda hasil yang anda harapkan. Setiap pekerjaan menuntut keterampilan tertentu, tetapi dua hal yang harus anda cari pada diri setiap orang yang anda rekrut adalah keterampilan berkomunikasi dan kemampuan bekerja sama dengan orang lain.

5.    Komunikasikanlah harapan anda sering dan jelas.

Saat aynng paling baik untuk menguraikan semua harapan anda akan perilaku, prestasi dan hasil adalah sesaat sebelum anda memutuskan untuk menerima seseorang karyawan.

6.    Sepakatilah untuk mendapatkan apa yang anda inginkan dari mereka

Setiap manajer harus mengemukankan pertanyaain ini : “bagaimana saya dapat mengajak manajer harus mengemukakan bawahan untuk mau memenuhi harapan saya ?” masa-masa ketika kita cukup hanya memerintahkan bawahan untuk melakukan apa yang harus dilakukan sedah berlalu karena dua alasan : (1) mereka semakin enggan diperintah semaunya saja , dan (2) bilamana merek melakukan sesutu karena mereka disuruh melakukannya, mutu hasilnya jarang sekali memuaskan.

7.    Delegasikan tanggung jawab untuk mendorong mereka mencapai jenjang puncak.

Bila anda mendelegasikan tanggung jawab penting kepada bawahan, anda menunjukan bahwa anda mempercayai mereka, anda memberikan tantangan kepada mereka, anda memaksa mereka kesempatan untuk sukse dalam tingkat prestasi yang lebih tinggi. Disamping semua ini, anda berhasil membuat mereka melaksanakan sebagian dari tugas anda, sehingga anda dapat memusatkan perhatian pada bidang lain yang sebelumnya kurang mendapat perhatian.

8.    Dengarkan mereka

Dengar mendengarkan anda akan mengetahui kebutuhan karyawan; kesalahpahaman dapat dicegah; anda akan dihargai oleh mereka; harga diri mereka akan terangkat;frustsasi mereka dapat dikukrangi; ini jug amenunjukan bahwa anda memperhatiakn mereka0 mendengarkan keterampilan berkomunikasi terpenting yang dapat anda miliki.

9.   Tunjukan kepada mereka gairah kerja, inisiatif, komitmen, energi, kesetiaan, keandalan, kejujuran, ketelitian, perhatian dan kompetensi yang anda harapkan dari mereka

Keteladanan adalah alat kepemimpinan yang paling ampuh yang dpaat anda miliki. Begitu banyak orang diduni ini yang mencari-cari model paeran yang positif dalam hidup mereka sehingga mereka akan cepat menirunya bila mereke menemukannya.

10.    Berikan umpan balik mengenai seberapa jauh mereka memenuhi harapan anda.

Setiap hari tujuan anda haruslah memergoki mereka mealkukan sesuatu yang benar sehingga anda dapat memuji merek, karenanya membuat mereka merasa berharga dan dihargai. Sebaliknya tegurlah mereka dengan santun bilamana anda menjumpai mereka melakukan sesuatu yangn tidaj sesuai dengan harapan anda. Setidak-tidaknya sekali kuartal – jika tidak setiap hari – beritahulah mereka tiga hal mengenai pekerjaan mereka; (1) apa yang anda ingin saksikan lebih seringlagi,; (2) apa yang anda tidak ingin lihat lagi.;(3) apa yang demikian baiknya sehingga harus tetap dipertahankan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar