24 Feb 2016

Our Mind

Dalam pikiran kita, terdapat dua jenis pikiran, yaitu pikiran secara sadar dan pikiran bawah sadar. Sebagian besar dari kegiatan yang kita lakukan berasal dari pikiran bawah sadar. Ketika kita makan, tidur, mengendarai kendaraan bahkan detak jantung kita di gerakkan oleh pikiran bawah sadar. Pikiran bawah sadar melingkupi 90% dari kegiatan kita.

Pikiran sadar dipakai ketika kita berusaha memfokuskan diri kita pada suatu hal/kondisi/pekerjaan. Sedangkan pikiran bawah sadar keluar ketika kita merasa nyaman, rileks atau ketika kita merasa tertekan. Pikiran sadar memberi kita instruksi untuk melakukan sesuatu, sedangkan pikiran bawah sadar yang mempelajari cara-cara baru untuk melakukan sesuatu sehingga menghasilkan perilaku baru berdasarkan kebiasaan. Pikiran bawah sadar adalah tempat di mana terdapat filter, yang berisi tentang keyakinan, nilai-nilai yang kita percayai, motivasi dan sebagian besar dari ingatan kita.

Silahkan anda bayangkan ketika anda kecapekan dan anda ingin berbaring di tempat tidur. Pikiran sadar anda memerintahkan anda untuk berbaring, dan pikiran bawah sadar anda yang menggerakkan setiap otot di tubuh kita untuk berbaring. Anda tidak mungkin secara sadar memerintahkan, 'ayo pinggul, kamu melenggok dan letakkan diri kamu di atas tempat tidur' atau ' ayo mata, kamu merem aja biar lebih santai'. Anda melakukan itu dari pikiran bawah sadar anda.

Our World

 Dunia di luar anda adalah dunia informasi yang menjejali anda dengan banyak informasi melalui 5 panca indera anda. Berdasarkan penelitian, informasi yang masuk ke dalam otak manusia dapat mencapai 2.000.000 bps (bit per second). Sedangkan dari 2.000.000 bps informasi yang dapat masuk ke dalam pikiran sadar manusia hanya 7+ 2 chunk per sec. Dimana 1 chunk adalah 30 bit informasi.Tentunya hal ini akan melebihi kapasitas pemikiran sadar kita. Jika anda harus mencermati setiap informasi yang masuk,  maka anda harus menyaring beberapa informasi yang tidak perlu dicermati oleh pikiran sadar anda. Anda melakukan itu secara tidak sadar (pikiran bawah sadar). 

Setiap informasi yang masuk akan diolah dan disaring oleh nilai-nilai (beliefs/value ) yang kita percayai, keputusan yang kita buat, bahasa yang disampaikan, dan ingatan. Sebagian dari informasi tersebut ada yang dikelompokkan (generallisasi), ada yang mengalami distorsi,  dan sebagian lainnya dihapus.
Belief terletak dalam pikiran bawah sadar kita sebagai filter. Hal-hal yang tidak berkenaan atau tidak sejalan dengan belief yang kita punya, tentunya akan langsung di delete dan tidak akan masuk menjadi informasi yang berguna bagi kita nantinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar