24 Feb 2016

Develop Effective Communication


Dalam kehidupan sehari-hari, komunikasi memegang peranan sangat penting. Manusia yang hidup berdampingan, pasti akan bersosialisasi dan berinteraksi dengan sesamanya. Agar komunikasi berjalan dengan baik dan harmonis, dibutuhkan suatu cara berkomunikasi yang efektif. Komunikasi yang dapat menyampaikan pesan dan membangun kesamaan pemahaman.
Pelatihan kali ini, membawa kita untuk memahami dan agar dapat memiliki kemampuan berkomunikasi yang efektif, sehingga hubungan antar manusia dapat terjalin lancar tanpa adanya kesalahpahaman yang berarti. Masing-masing pihak dapat mengungkapkan isi pikiran dan hatinya dengan gamblang dan jelas serta dapat dimengerti oleh pihak lainnya. Juga dapat memotivasi orang lain dan memberikan pemecahan akan masalah yang dihadapi.

Mengapa berkomunikasi dengan efektif itu  penting?”

Pernahkah anda  merasa bahwa anda telah melakukan segala cara dan upaya agar orang bisa dan mau mengerti diri anda, tetapi yang anda dapatkan malah sebaliknya. Mereka tidak dapat mengerti apa yang anda sampaikan dan bahkan melihatnya dari sudut pandang berbeda, hal yang berbeda. Hal yang sama sekali jauh dari apa yang anda sampaikan. Saat itu terjadi, apa yang anda rasakan? Apakah anda tetap berusaha dengan keras menyampaikan apa yang ada di pikiran anda dengan cara yang sama, ataukah anda mencoba cara lain yang menurut anda akan berhasil atau bahkan anda merasa lelah dan memutuskan untuk berhenti?
Dalam dunia kerja, kita seringkali banyak terlibat dalam kegiatan komunikasi, seperti rapat, presentasi, berkumpul dengan teman-teman, berbincang di waktu makan siang, mengirimkan email bahkan chatting. Kita tidak bisa tidak berkomunikasi. Anda mungkin tidak sadar bahwa anda selalu berkomunikasi. Bahkan sebelum anda berbicara dengan seseorang, cara anda berdiri atau duduk mengirimkan sinyal kepada orang lain.
Inilah saatnya untuk mengetahui bagaimana caranya berkomunikasi dengan efektif, tepat sasaran. Untuk mengetahui dan mengatasi perbedaan penerimaan suatu bahasa, perilaku, gaya tubuh bahkan cara berpikir. Mengekplorasi lebih jauh cara untuk menterjemahkan suatu bahasa yang umum yang dapat dimengerti oleh tiap-tiap orang dengan cara pikir mereka masing-masing.

Definisi 

Komunikasi sendiri berasal dari kata Communicare ( Yunani ) yang artinya membuat sesuatu menjadi umum. Yang dimaksud dengan membuat sesuatu menjadi umum adalah bahwa tiap orang yang mendengarkan, tiap orang yang melihat, tiap orang yang disentuh dapat mempunyai satu persepsi yang sama dengan yang disampaikan oleh pembicara.
Di wikipedia, komunikasi berarti satu proses yang dilakukan oleh makhluk hidup untuk berinteraksi dengan berbagai cara. Komunikasi memerlukan pemahaman dari semua pihak akan suatu bahasa yang umum. Ada yang berarti berhubungan dengan indera pendengaran seperti berbicara, bernyanyi, dan kadang kala nada suara serta non verbal yang berarti fisik, seperti bahasa tubuh, sentuhan, tatapan mata atau tulisan.
Komunikasi di definisikan sebagai satu proses dimana kita memberikan dan menyampaikan arti dengan maksud untuk menyamakan persepsi.
Dalam pikiran kita, terdapat dua jenis pikiran, yaitu pikiran secara sadar dan pikiran bawah sadar. Pikiran sadar adalah pikiran yang memberi instruksi kita untuk melakukan sesuatu, sedangkan pikiran bawah sadar yang mempelajari cara-cara baru untuk melakukan sesuatu sehingga menghasilkan perilaku baru berdasarkan kebiasaan. Pikiran bawah sadar adalah tempat di mana terdapat nilai-nilai yang kita percayai, motivasi dan perilaku.
Masuk atau tidaknya informasi yang kita terima berdasar dari kedua pikiran tersebut. Cara kita berkomunikasi dapat membuka atau menutup “gerbang“ penerimaan seseorang kepada kita.
Slide-slide berikutnya akan dibahas lebih jelas mengenai apa itu pikiran bawah sadar, korelasinya dengan pikiran sadar dan bagaimana ia mempengaruhi kita sebagai individu secara keseluruhan.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar